Siapa yang Paling Bahagia Saat Ramadan Usai?


Bulan ramadan merupakan bulan yang mulia juga bulan penuh pengampunan, kita diwajibkan melakukan puasa ramadan selama sebulan penuh, dibulan ini, setan dan jin juga diikat sehingga tidak bisa menggoda dan merayu manusia lagi.

Bulan ramadan ini hanya sekali dalam setahun. Meskipun hanya sebulan, tapi ganjaran orang yang melakukan puasa dan melakukan amalan-amalan yang baik di bulan ramadhlan itu sangat besar, bagi orang-orang yang beriman, mereka sangat antusias untuk menyambut bulan suci nan berkah tersebut.

Sebagaimana Allah berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 183 :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْن

Artinya : “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”

Setelah ramadan usai, kita dipertemukan dengan bulan syawal yang diawali dengan hari raya idul fitri, di hari tersebut kita dianjurkan untuk saling bermaafan dengan sesama muslim, terutama dengan keluarga ataupun sanak saudara terdekat kita.

Balik lagi ke judul yang sudah tertera diatas, yakni “Siapa yang Paling Bahagia Saat Ramadan Usai?”, bisa kalian tebak siapa? Jawabannya adalah setan, kenapa setan? karena selama bulan ramadan dia dikurung dan tidak bisa menggoda dan merayu manusia lagi. Bisa kita lihat beberapa umat muslim ada yang menangis ketika mau ditinggal dengan bulan ramadhan.

Mungkin sebagian umat muslim juga senang ketika sudah mendekati hari raya, mereka bisa beli baju baru, mudik untuk bertemu keluarga yang jauh (tapi untuk sekarang mungkin tidak bisa karena adanya virus covid-19). Tapi jangan sampai lupa, setan lebih bahagia karena dibebaskan dan bisa menggoda dan merayu manusia lagi.
--------------------------------------------
Widya Dwi Wahyuni
Alumni PDPM 1 PC IPM Solokuro 2021

Posting Komentar

0 Komentar